Cara Membuat Kondisi Air Aquarium Stabil Dengan Sistem Pencahayaan

Mempertahankan Kualitas Air Pada Aquarium
Mempertahankan Kualitas Air Pada Aquarium

Instalasi sistem pencahayaan akuarium yang tepat sangat penting dalam mempertahankan lingkungan tangki berkembang. Artikel ini akan membantu Anda menemukan keseimbangan yang tepat dalam hal watt, lumens dan intensitas.

Memperlengkapi tangki Anda dengan sistem pencahayaan akuarium yang tepat tidak hanya akan mempengaruhi daya tarik estetika tangki Anda, tetapi juga bisa memiliki efek pada penghuni tangki Anda. Beberapa spesies ikan lebih memilih pencahayaan rendah sementara yang lain berkembang dalam tangki terang. Jika Anda berencana untuk mengolah tangki ditanam, Anda akan perlu untuk melengkapi tangki
Anda dengan intensitas tinggi sistem pencahayaan yang cukup kuat untuk menyediakan kebutuhan banyak tanaman akuarium. Memilih sistem pencahayaan akuarium lebih dari sekedar memilih jenis yang tepat, namun-itu juga melibatkan menemukan keseimbangan dalam hal watt, lumens, intensitas dan spektrum. Setiap akuarium air tawar yang berbeda sehingga terserah kepada Anda untuk melakukan beberapa penelitian dasar dalam rangka untuk menyesuaikan sistem pencahayaan Anda sesuai dengan kebutuhan penghuni tangki Anda.

Masalah dengan intensitas

Ketika datang ke intensitas pencahayaan akuarium ada dua masalah Anda mungkin mengalami-cahaya mungkin terlalu intens atau mungkin terlalu redup. Dalam kasus di mana pencahayaan terlalu intens, Anda mungkin mengalami masalah dengan pertumbuhan alga berlebih. Alga adalah organisme fotosintesis yang berarti bahwa mereka menggunakan cahaya sebagai sumber energi untuk memfasilitasi proses biologis – semakin banyak cahaya yang tersedia, semakin cepat mereka akan tumbuh. Untungnya, ada beberapa cara untuk pergi tentang memecahkan masalah ini. Salah satu pilihan adalah untuk menggantikan sistem pencahayaan, atau hanya lampu itu sendiri, dengan salah satu yang kurang intens.

Jika Anda memiliki akuarium kecil atau dangkal, ada sedikit kebutuhan untuk sistem pencahayaan bertenaga tinggi seperti VHO atau sistem Halida logam. Pilihan lain adalah untuk menginstal tanaman lebih hidup di tangki Anda-tanaman ini akan mendapatkan keuntungan dari pencahayaan intens dan juga akan bersaing dengan Alga untuk nutrisi, sehingga membatasi pertumbuhan. Jika Anda merasa bahwa sistem pencahayaan Anda cukup untuk ukuran tangki Anda, tetapi Anda menduga bahwa itu mungkin sedikit banyak untuk ikan Anda, cobalah menambahkan beberapa tanaman mengambang untuk menyebarkan cahaya sedikit.

Dalam kasus di mana pencahayaan dalam tangki Anda terlalu redup, ada sedikit yang dapat Anda lakukan selain mengganti bohlam atau meningkatkan sistem Anda sepenuhnya. Sistem pencahayaan tertentu dianjurkan untuk jenis dan ukuran tank tertentu jadi jika Anda tidak memilih sistem yang tepat di awal, Anda mungkin berakhir harus menggantinya ke garis. Salah satu kemungkinan adalah bahwa lampu yang Anda gunakan hanya tidak cukup terang, Cobalah beralih ke bola lampu yang menawarkan lumen per watt yang lebih besar output atau hanya memasang fixture lampu tambahan.

Jika sistem pencahayaan itu sendiri adalah masalah, Anda mungkin perlu meng-upgrade. Perlu diingat bahwa tangki tanam membutuhkan lebih banyak pencahayaan daripada tank ikan-hanya dan lebih dalam tangki Anda, semakin banyak kekuatan yang Anda akan perlu dalam sistem pencahayaan. Untuk tangki yang sangat besar atau dalam, terutama tangki ditanam berat, VHO atau sistem Halida logam dianjurkan-untuk ikan standar hanya atau ringan ditanam tank, standar atau kompak sistem fluorescent umumnya cukup.

Lumen per watt

Untuk mencapai keseimbangan yang tepat dalam pencahayaan akuarium Anda, Anda tidak hanya perlu memilih sistem yang tepat, tetapi Anda perlu menginstal bola lampu yang tepat juga. Akuarium bola lampu datang dalam berbagai bentuk yang berbeda, ukuran dan intensitas sehingga dapat menjadi tantangan untuk menemukan yang tepat. Anda mungkin akrab dengan aturan yang menyatakan bahwa hanya ikan tank membutuhkan 1 untuk 2 watt per galon dan ditanam tangki 3 sampai 5 watt per galon.

Sementara aturan ini adalah titik awal yang baik, sudah pasti bukan faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan-watt adalah unit kekuatan yang digunakan untuk mengukur berapa banyak energi yang diberikan bola lampu apapun. Berdasarkan informasi ini, Anda mungkin dapat melihat bagaimana watt dari setiap bohlam yang diberikan belum tentu pengukuran yang akurat dari kegunaan dalam aplikasi pencahayaan akuarium. Sebuah pengukuran yang lebih berguna adalah jumlah lumens per Watt bohlam menghasilkan.

Lumens digunakan untuk mengukur jumlah cahaya tampak yang dipancarkan oleh bola lampu-informasi ini jauh lebih berguna dalam menghasilkan keseimbangan yang tepat dalam tangki air tawar Anda. Semakin tinggi lumen per watt output dari bohlam yang diberikan, semakin intens pencahayaan yang mungkin. Informasi ini sangat penting jika Anda berencana untuk mengolah tangki tanam karena tanaman hidup memerlukan 10 sampai 12 jam pencahayaan intens per hari untuk berkembang. Ketika belanja untuk bola lampu, periksa rating lumen dan membaginya dengan Watt bohlam-perhitungan sederhana ini akan memberikan Anda dengan lumen per watt output dari bohlam.

Budidaya tangki air tawar yang berkembang adalah semua tentang keseimbangan-tidak hanya yang Anda butuhkan untuk mencapai keseimbangan yang tepat dengan penghuni tangki Anda, tetapi Anda juga perlu untuk menciptakan lingkungan yang seimbang dalam hal pencahayaan dan kondisi tangki lainnya. Pencahayaan akuarium bisa sangat membingungkan tetapi jika Anda dilengkapi dengan beberapa pengetahuan dasar tentang cara kerjanya, Anda seharusnya tidak kesulitan mencapai keseimbangan yang sehat dalam tangki air tawar Anda.