Cara Mengetahui Kebutuhan Nutrisi Pada Ikan Air Tawar

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Pada Ikan
Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Pada Ikan

Kunci untuk menjaga ikan akuarium Anda sehat adalah untuk menawarkan mereka yang seimbang diet yang memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Akuarium ikan adalah seperti benda hidup lainnya-mereka membutuhkan sehat, diet seimbang untuk berkembang. Banyak penggemar akuarium membuat kesalahan dengan asumsi bahwa makanan serpihan komersial akan memberikan ikan mereka dengan semua nutrisi yang mereka butuhkan. Sementara ini makanan komersial yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan dasar akuarium ikan, mereka tidak boleh satu-satunya sumber gizi untuk ikan Anda.

Tergantung pada jenis ikan yang Anda miliki di tangki Anda, Anda mungkin perlu untuk melengkapi mereka diet dengan hidup, beku atau beku-kering makanan untuk menyediakan mereka dengan tambahan protein dan untuk mengisi kesenjangan gizi yang ditinggalkan oleh serpihan komersial makanan. Jika Anda ingin ikan akuarium Anda untuk berkembang dan menjadi sesehat mereka dapat, meluangkan waktu untuk belajar tentang kebutuhan gizi ikan akuarium air tawar Anda.

Dasar nutrisi ikan

Dalam rangka untuk menjaga fungsi tubuh yang sehat, kebutuhan nutrisi dasar ikan akuarium Anda harus dipenuhi. Seperti semua makhluk hidup, akuarium ikan membutuhkan protein, karbohidrat, lipid, vitamin dan mineral sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka. Meskipun semua ikan akuarium memerlukan nutrisi ini, jumlah atau proporsi dapat bervariasi sesuai dengan ukuran dan jenis ikan Anda. Spesies karnivora ikan seperti ikan betta dan Oscars, misalnya, akan memerlukan konten protein yang lebih tinggi daripada spesies herbivora seperti Plectostomus. Dalam rangka untuk merumuskan diet sehat untuk ikan di tangki Anda, Anda perlu tahu apa jenis diet yang lebih suka ikan. Jika Anda memiliki tangki yang penuh dengan spesies herbivora ikan dan hanya menawarkan mereka daging berbasis hidup dan makanan beku, ikan Anda akan gagal untuk berkembang dan mereka bahkan mungkin menjadi kekurangan gizi. Untuk menghindari hal ini, Anda harus datang dengan rutin makan seimbang untuk memastikan bahwa kebutuhan gizi dari semua ikan di tangki Anda terpenuhi.

Membuat diet seimbang

Jika Anda memiliki beberapa spesies ikan di tangki Anda dapat menjadi tantangan untuk menciptakan diet seimbang yang akan memenuhi kebutuhan gizi semua ikan Anda. Kuncinya adalah untuk memulai dengan diet pokok yang sehat dan untuk melengkapi bahwa diet dengan hidup, beku dan beku-kering makanan serta sumber tambahan bahan nabati. Untuk membuat makanan pokok yang sehat, pilih produk komersial berkualitas tinggi-serpihan makanan atau pelet yang akan menarik bagi semua ikan di tangki Anda.

Cari formula komersial yang dirancang untuk jenis ikan yang Anda miliki di tangki Anda. Jika Anda mengunjungi lorong akuarium di toko hewan peliharaan lokal Anda, Anda akan menemukan berbagai makanan komersial yang diformulasikan khusus untuk ikan mas, Oscars, cichlids, ikan tropis dan banyak lagi. Setelah Anda telah menetap pada Formula komersial untuk digunakan sebagai makanan pokok Anda, Anda dapat mempertimbangkan jenis makanan tambahan Anda akan menawarkan ikan Anda.

Sebuah diet tambahan untuk ikan akuarium harus terdiri dari makanan hidup, beku dan beku-kering makanan serta sumber sehat bahan nabati seperti serpih alga atau sayuran segar. Anda akan perlu untuk menyusun Diet tambahan ikan akuarium Anda untuk spesies tertentu-untuk spesies karnivora, fokus terutama pada makanan berbasis daging dan, untuk herbivora, menawarkan banyak wafer alga dan sayuran segar. Dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi ikan akuarium Anda adalah penting untuk memasukkan berbagai makanan.

Berbeda hidup, beku dan beku-kering makanan akan memberikan ikan Anda dengan nutrisi yang berbeda sehingga Anda harus bervariasi rutinitas Anda untuk memastikan keseimbangan. Udang air garam, misalnya, adalah sumber protein yang besar sementara cacing putih akan menyediakan ikan Anda dengan lipid yang sehat. Untuk herbivora, semua sayuran akan menyediakan ikan Anda dengan serat tetapi Anda mungkin masih ingin bervariasi rutinitas Anda sehingga ikan Anda tidak menjadi bosan.

Tips untuk pakan ikan

Sementara jenis makanan yang Anda pilih untuk memberi makan ikan akuarium Anda akan memiliki dampak terbesar pada kesehatan mereka, jumlah yang Anda makan juga sangat penting. Hal ini penting bagi Anda untuk memberikan ikan Anda cukup makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka, tetapi Anda tidak harus memberi makan mereka terlalu banyak karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan tambahan. Beberapa spesies seperti ikan Cupang sangat rentan terhadap pengembangan penyumbatan usus karena terlalu banyak makan sehingga Anda ingin memastikan Anda tidak memberi makan ikan Anda lebih dari yang mereka butuhkan.

Sebagai aturan, mencoba untuk menawarkan ikan Anda makanan kecil dua kali sehari-hanya memberi mereka sebanyak mereka dapat mengkonsumsi dalam waktu 3 sampai 5 menit sehingga Anda tidak berakhir dengan kelebihan makanan Build-up di bagian bawah tangki Anda. Ketika menawarkan ikan Anda yang tenggelam wafer atau pelet, menghapus bagian dimakan dari wafer atau pelet dari tangki setelah satu jam sehingga tidak larut dan mempengaruhi kualitas air Anda. Jika Anda tetap berpegang pada pedoman sederhana ini untuk memberi makan ikan Anda, Anda seharusnya tidak memiliki kesulitan mencapai sehat, diet seimbang yang memenuhi kebutuhan gizi mereka.