Inilah Cara Meningkatkan Warna Pada Ikan Di Dalam Aquarium

Cara Meningkatkan Warna Pada Ikan
Cara Meningkatkan Warna Pada Ikan

Bagian terbaik dari menjaga akuarium air tawar adalah menonton penghuni tangki Anda berkembang dan tumbuh. Baca lebih lanjut untuk mempelajari cara meningkatkan dan mempertahankan pewarnaan yang sehat di ikan Anda.

Salah satu bagian yang paling menyenangkan dari memiliki akuarium adalah menonton ikan Anda berkembang dan tumbuh. Jika Anda merawat ikan Anda dengan benar dan menjaga lingkungan tangki yang sehat, Anda harus memiliki relatif sedikit masalah. Dalam beberapa kasus, namun, penggemar akuarium menemukan bahwa ikan mereka baik memudar dalam warna dari waktu atau hanya gagal untuk mencapai coloration potensi maksimum mereka. Jika Anda mengalami masalah ini, meluangkan waktu untuk mempelajari apa yang menyebabkan ikan memudar dalam warna dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau memperbaikinya. Anda mungkin juga ingin melihat ke dalam spesies tertentu ikan yang secara alami berwarna-warni.

Apa penyebab warna memudar?

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan memudar warna di akuarium air tawar ikan. Sayangnya, warna memudar sering konsekuensi dari beberapa faktor sehingga dapat menjadi rumit tidak hanya untuk mengidentifikasi masalah tetapi untuk memperbaikinya juga. Salah satu penyebab paling umum warna memudar di akuarium ikan, bagaimanapun, adalah diet yang tidak memadai. Akuarium berpengalaman penggemar sering menganggap bahwa serpihan makanan komersial atau pelet akan memenuhi semua kebutuhan gizi ikan akuarium mereka.

Sementara makanan ini diformulasikan untuk menyediakan ikan dengan sebagian besar nutrisi yang mereka butuhkan, ikan akuarium tidak mungkin untuk mencapai potensi penuh mereka untuk Kesehatan, ukuran dan pewarnaan ketika makan diet makanan komersial sendirian. Dalam rangka meningkatkan warna memudar dalam ikan akuarium sangat penting untuk menawarkan Diet bervariasi hidup, beku dan makanan beku-kering yang penuh dengan nutrisi meningkatkan warna akuarium kebutuhan ikan.

Kemungkinan penyebab lain warna memudar dalam akuarium ikan adalah pencahayaan tangki tidak memadai. Jika Anda adalah seorang penggemar akuarium berpengalaman Anda mungkin memahami hubungan antara pencahayaan tangki dan pertumbuhan tanaman akuarium. Tanaman hidup adalah organisme fotosintesis yang membutuhkan cahaya untuk tumbuh dan berkembang-sementara ini mungkin tidak benar untuk ikan akuarium, pencahayaan masih memainkan peran dalam pengembangan pewarnaan yang sehat. Spesies tertentu seperti ikan mas dan Koi sebenarnya membutuhkan paparan sinar matahari alami dalam rangka mengembangkan pigmen dalam kulit mereka yang memungkinkan mereka untuk menunjukkan warna yang sehat.

Meskipun pencahayaan akuarium tidak memadai dapat memiliki efek memudar pewarnaan ikan Anda, pencahayaan yang terlalu intens juga mungkin menjadi masalah. Fenomena ini paling sering terlihat di lingkungan air asin tetapi juga dapat menjadi masalah dalam tangki air tawar di mana pencahayaan terlalu intens. Spesies ikan yang secara alami ditemukan di lingkungan cahaya rendah mungkin memudar ketika disimpan dalam akuarium terang-menyala. Untuk mencegah atau memperbaiki masalah ini, Cobalah mengurangi pencahayaan di tangki Anda atau hanya menyediakan ikan Anda dengan tempat di mana mereka dapat bersembunyi dari cahaya terang ketika mereka ingin.

Faktor ketiga yang mungkin berkontribusi memudar warna dalam akuarium ikan adalah kualitas air. Seperti Anda mungkin sadar, kualitas air memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kesehatan ikan dan lingkungan tangki Anda secara keseluruhan. Jika kualitas air menurun, ikan Anda cenderung menjadi stres dan mungkin bahkan menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Akuarium ikan yang stres atau sakit tidak mungkin untuk menampilkan pewarnaan optimal mereka dan mereka bahkan mungkin memudar dalam warna sebagai akibat dari stres.

Untuk mencegah hal ini terjadi dalam tangki Anda, penting untuk menjaga rutinitas perawatan rutin untuk memastikan kualitas air yang tinggi. Lakukan tes air mingguan menggunakan kit uji air akuarium untuk memeriksa pH dan tingkat kimia dalam tangki Anda dan merekam hasil tersebut sehingga Anda mendapatkan merasa untuk tingkat “normal” di tangki Anda. Hal ini juga bijaksana untuk mengganti media filter Anda secara bulanan dan untuk melakukan perubahan air mingguan 10% sampai 20% dari volume tangki Anda. Melakukan tugas sederhana ini akan memiliki efek yang signifikan pada kualitas air dalam tangki Anda.

Meningkatkan warna makanan

Dalam rangka untuk membantu ikan Anda mencapai warna optimal mereka Anda harus menyediakan mereka dengan diet yang sehat. Diet yang direkomendasikan akan bervariasi menurut spesies karena beberapa ikan karnivora sementara yang lain adalah herbivora – mereka kuncinya adalah untuk menyediakan berbagai makanan yang akan memenuhi kebutuhan gizi dari spesies tertentu yang Anda miliki dalam tangki Anda. Periksa toko hewan peliharaan setempat untuk meningkatkan warna komersial formula makanan ikan yang akan memberikan nutrisi dasar untuk ikan Anda. Sementara makanan komersial tidak boleh menjadi satu-satunya sumber gizi untuk ikan Anda, mereka adalah pilihan yang baik untuk makanan pokok. Setelah Anda memilih Diet pokok untuk ikan Anda, suplemen dengan makanan hidup, makanan beku dan bahan nabati tergantung pada preferensi spesies yang Anda miliki di tangki Anda.

Ketika datang ke hidup dan makanan beku, beberapa lebih baik daripada yang lain untuk meningkatkan pewarnaan ikan akuarium. Krustasea seperti udang air garam adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pewarnaan, seperti yang beku atau beku-kering makanan seperti udang Mysis, krill dan krustasea lainnya. Organisme air asin seperti kerang dan ikan adalah pilihan yang bagus untuk spesies karnivora, terutama sebagai bagian dari makanan beku yang disiapkan yang telah dilengkapi dengan pigmen dan vitamin penting. Sayuran segar seperti bayam, brokoli dan daun selada Romaine juga sehat sumber vitamin dan mineral yang akan membantu ikan Anda untuk mencapai pewarnaan alami mereka.

Berhati-hatilah ketika membeli warna-meningkatkan makanan komersial karena beberapa makanan akan lebih baik untuk ikan Anda daripada yang lain. Beberapa produsen makanan ikan massal produk mereka menggunakan bahan pengisi yang tidak memberikan ikan Anda dengan banyak nilai gizi. Ketika mengevaluasi makanan ikan komersial yang diformulasikan untuk meningkatkan pewarnaan ikan Anda, mencari hal seperti karotenoid, Omega-tiga asam lemak dan vitamin C. Tidak hanya nutrisi ini penting untuk menjaga pewarnaan yang sehat, tetapi mereka sering hilang dari diet ikan akuarium. Selain untuk membeli makanan ikan warna-meningkatkan, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan merendam makanan ikan Anda dalam aditif atau suplemen yang akan memberikan nutrisi tambahan.

Lain Tips dan trik

Selain Diet, pencahayaan dan kualitas air ada faktor lain yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan pewarnaan ikan Anda. Jenis ikan tertentu lebih sosial daripada yang lain dan mungkin lebih mungkin untuk berkembang di sekolah daripada mereka sendiri. Beberapa ikan tidak hanya akan gagal untuk berperilaku alami jika tidak disimpan di sekolah, tetapi mereka mungkin juga tidak pernah mengembangkan pewarnaan penuh mereka. Beberapa jenis ikan yang harus dijaga di sekolah meliputi Tetras, Angelfish, barbs, danios dan guppies. Selain faktor sekolah, ikan lain dalam tangki Anda juga bisa memainkan peran dalam menentukan pewarnaan. Jika satu atau lebih dari ikan Anda adalah teritorial atau agresif, itu bisa memiliki efek pada ikan lain dalam tangki Anda. Pasangan tangki agresif bisa sangat stres untuk ikan akuarium dan benar-benar dapat mencegah mereka dari mengembangkan pewarnaan penuh mereka.

Percaya atau tidak, cara Anda menghias tangki Anda juga dapat memiliki dampak pada pewarnaan ikan Anda. Dekorasi tangki Anda untuk meniru habitat alami ikan Anda dapat memiliki dampak yang signifikan pada peningkatan pewarnaan mereka. Beberapa ikan lebih memilih substrat gelap di atas substrat cahaya, misalnya, berdasarkan habitat alami mereka. Menyediakan cukup tempat persembunyian dalam bentuk gua batu dan tanaman hidup juga dapat mempengaruhi pewarnaan ikan Anda-jika mereka tidak memiliki mana pun untuk bersembunyi ketika mereka merasa terancam ikan Anda mungkin menjadi stres dan mungkin kehilangan warna sebagai hasilnya. Anda mungkin juga dapat menghias tangki Anda sedemikian rupa sehingga dekorasi memberikan kontras untuk warna ikan Anda, sehingga membuat mereka tampak lebih berwarna.

Hal ini juga penting untuk diingat bahwa warna ikan Anda dapat berubah seiring waktu. Juveniles dari banyak spesies secara alami kurang berwarna daripada orang dewasa dan betina sering kusam dalam pewarnaan daripada jantan. Sebagai ikan Anda tumbuh dan matang, mereka mungkin secara alami mengembangkan pewarnaan lebih intens tergantung pada spesies. Ikan Anda juga dapat berubah warna selama periode waktu tertentu. Selama musim kawin, misalnya, ikan jantan dapat mengembangkan pewarnaan lebih intens untuk menarik pasangan dan betina dapat menjadi lebih berwarna saat mereka mulai memproduksi telur. Jika Anda berencana untuk berkembang biak ikan Anda, memberi makan mereka diet sehat tidak hanya akan mendorong pewarnaan yang sehat tetapi juga akan mendorong perilaku pembiakan.

Tentu Colorful spesies

Beberapa ikan akuarium secara alami lebih berwarna daripada yang lain jadi jika Anda ingin saham tangki Anda dengan ikan berwarna cerah, mencoba beberapa spesies ini. Jika Anda tertarik untuk menjaga spesies tangki perumahan hanya satu jenis ikan, ikan Cupang atau ikan pertempuran Siam adalah pilihan yang bagus. Ikan ini datang dalam berbagai warna cerah dan mereka juga memamerkan berbagai jenis ekor yang berbeda. Dalam hal ikan masyarakat, guppies yang dikenal dengan warna cerah mereka, seperti juga Livebearers lain seperti mollies, Platies dan swordtails.

Sedangkan untuk spesies yang sedikit lebih besar, banyak Gouramis dikenal karena warnanya yang unik seperti ikan gurami dan labu kerdil. Keluarga cichlid adalah rumah bagi lebih dari 2.000 spesies yang berbeda, banyak di antaranya adalah beberapa spesies yang paling berwarna-warni ikan akuarium air tawar. Discus ikan, sejenis cichlid, sebenarnya telah digambarkan sebagai beberapa ikan air tawar yang paling berwarna-warni, memamerkan berbagai warna dan pola termasuk biru cerah, kuning, oranye, merah dan bahkan putih murni. Ada spesies yang tak terhitung ikan akuarium untuk memilih dari dan, dengan melakukan sedikit riset, Anda dapat menemukan banyak pilihan yang secara alami berwarna-warni.

Mempertahankan pewarnaan yang sehat di ikan akuarium Anda adalah upaya multi-tahap. Tidak hanya Anda perlu mempertahankan lingkungan akuarium yang sehat tetapi Anda juga perlu untuk menyediakan ikan Anda dengan bervariasi, makanan bergizi. Anda juga harus menyadari bagaimana setup di dalam tangki Anda serta jenis ikan Anda menjaga dapat memiliki dampak pada kesehatan dan pewarnaan ikan Anda.