Inilah Penyakit Umum Pada Ikan Jenis Cichlids Dan Cara Mengobatinya

Penyakit Umum Pada Ikan Jenis Cichlids
Penyakit Umum Pada Ikan Jenis Cichlids

Cichlids adalah salah satu keluarga terbesar ikan air tawar dan mereka rentan terhadap pengembangan beberapa penyakit ikan akuarium. Baca lebih lanjut untuk mempelajari tentang apa penyakit tersebut dan bagaimana memperlakukan mereka.

Jika Anda akan memupuk akuarium air tawar itu tidak dapat dihindari bahwa Anda akan harus berurusan dengan akuarium ikan penyakit pada satu titik atau yang lain. Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa ikan akuarium dapat terkena patogen dalam berbagai cara dan ada kesempatan baik bahwa di beberapa titik, mereka akan mendapatkan sakit. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kualitas air di tangki Anda tinggi dan melakukan yang terbaik untuk belajar tentang penyakit ikan Anda mungkin terkena sehingga Anda dapat memperlakukan mereka secara efektif. Ada berbagai penyakit ikan akuarium air tawar untuk melihat keluar untuk tetapi jika Anda berencana untuk tetap cichlids ada beberapa khususnya yang Anda harus menyadari. Cichlids sangat rentan terhadap beberapa penyakit ikan akuarium jadi jika Anda belajar tentang bagaimana untuk mengobati dan mencegah mereka sekarang, Anda dan ikan Anda akan lebih baik kemudian.

Penyakit Kandung Kemih

Seperti yang disarankan oleh nama, berenang penyakit kandung kemih mempengaruhi bagian dari cichlid dikenal sebagai berenang kandung kemih. The berenang kandung kemih adalah kantung perut dilapisi dengan epitel yang membantu ikan tetap mengapung. Ketika cichlid dipengaruhi oleh penyakit kandung kemih berenang, ia memiliki kesulitan untuk tetap tenggelam. Ada berbagai potensi penyebab penyakit ini – trauma eksternal melalui cedera fisik berpotensi dapat mempengaruhi kandung kemih berenang sebagai penyakit sekunder tertentu seperti kanker dan tuberkulosis. Penyebab umum lain untuk kondisi ini adalah Diet-ikan yang menderita dari gizi buruk atau sembelit lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit kandung kemih berenang. Dalam rangka untuk mengobati kondisi ini adalah penting untuk memperbaiki penyebab masalah yang mendasari. Dalam kasus Diet buruk, pakan ikan Diet bervariasi dan menawarkan tinggi serat makanan seperti kacang polong dan bayam untuk meringankan sembelit.

Yang

Malawi mengasapi adalah jenis penyakit ikan akuarium yang paling umum di kalangan cichlids Afrika. Penyakit ini bermanifestasi dalam bentuk gejala seperti pembengkakan di perut, cepat bernapas, hilangnya nafsu makan, berubah warna tinja dan lolling di bagian bawah tangki. Selain gejala ini, Malawi mengasapi juga dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal jika tidak diobati. Setelah penyakit berkembang sampai saat ini, biasanya berakibat fatal dalam tiga hari. Sayangnya, penyebab penyakit ini sangat diperdebatkan-beberapa mempertahankan bahwa hal itu disebabkan oleh protozoa yang tinggal di usus cichlids. Ketika kualitas air di tangki menurun dan ikan menjadi stres, protozoa mereproduksi dan mulai menyebabkan masalah. Langkah pertama dalam mengobati penyakit ini adalah untuk melakukan perubahan air besar dalam tangki dan dosis tangki dengan Metronidazole. Ketika merawat tangki dengan obat Anda akan perlu untuk menghapus karbon aktif dari filter tangki Anda.

Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah penyakit yang sangat menular dan, sayangnya, akuarium ikan sering fatal. Penyakit ini juga merupakan salah satu dari beberapa penyakit yang dapat menular ke manusia melalui kontak dengan luka terbuka atau luka. Gejala penyakit ini biasanya termasuk hilangnya nafsu makan, berjumbai sirip, bercak putih pada kulit dan cekung perut. Ikan yang terkena dampak juga dapat menampilkan perubahan perilaku, tampil lesu dan atau letaris. Segera setelah Anda menduga bahwa salah satu cichlids Anda telah dikontrak penyakit ini, menghapus semua ikan lain ke rumah sakit tangki dan memperlakukan tangki dengan melafix. Anda juga akan perlu untuk secara menyeluruh membersihkan dan mendifect tangki asli sebelum Anda menambahkan ikan kembali ke tangki.

Kapas penyakit wol

Penyakit wol kapas adalah kondisi yang cukup mudah untuk mendiagnosa karena itu memanifestasikan bentuk dari pertumbuhan putih kabur di kepala, sirip dan sisik cichlids yang terinfeksi. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang secara alami ditemukan di dalam akuarium tetapi hanya menjadi masalah dalam kasus kualitas air yang buruk. Ketika makanan ikan yang tidak dimakan dan puing organik lainnya terakumulasi dalam tangki dan penurunan kualitas air, ikan lebih mungkin untuk menyerah pada infeksi jamur seperti penyakit kapas. Stres dan cedera sebelumnya juga dapat meningkatkan kerentanan cichlids untuk infeksi jamur. Pengobatan yang paling umum untuk penyakit ini adalah obat antijamur atau mandi garam.

Lubang di kepala penyakit

Juga disebut hexamita, lubang di kepala penyakit ini cukup umum di antara ikan air tawar tetapi biasanya dikaitkan dengan cichlids. Penyakit ini biasanya menyajikan dalam bentuk depresi di kepala disertai dengan penurunan berat badan dan hilangnya nafsu makan. Ikan yang terkena dampak juga dapat mengembangkan lesi di sepanjang garis lateral yang akan menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu, meningkat menjadi infeksi sistemik. Penyebab penyakit ini secara luas diperdebatkan tetapi diperkirakan bahwa kualitas air yang buruk, ketidakseimbangan mineral dan keberadaan parasit yang disebut Hexamita mungkin merupakan faktor yang berkontribusi. Mengobati penyakit ini dapat menjadi rumit karena ada beberapa potensi penyebab tetapi mungkin terbaik untuk mengadopsi pendekatan multi-faceted-pertama meningkatkan kualitas air dan Diet kemudian memperlakukan tangki dengan antibiotik untuk menyingkirkan parasit Hexamita .

Putih spot-Ich

Penyakit ini disebabkan oleh parasit protozoa yang disebut Ichthyophthirius multifiliis – penyakit itu sendiri disebut Ich, singkatnya. Ich cukup mudah untuk mengidentifikasi karena itu memanifestasikan dalam bentuk titik putih kecil pada sirip, insang dan tubuh ikan yang terinfeksi. Meskipun tempat ini adalah tanda yang paling jelas, gejala lain dari penyakit ini mungkin termasuk sirip terjepit, sesak napas, kelesuan, hilangnya nafsu makan dan menggosok terhadap benda tangki. Ich adalah penyakit yang sangat menular sehingga, jika Anda melihat bercak putih pada satu ikan kemungkinan bahwa yang lain di dalam tangki sudah terkena. Untuk alasan ini, biasanya lebih baik untuk mengobati seluruh tangki daripada tindakan karantina ikan yang terinfeksi. Pengobatan untuk Ich termasuk garam mandi, peningkatan suhu tangki, kalium permanganat, malachite hijau dan acriflavine.

Flukes Gill

Penyakit ini disebabkan oleh cacing Pipit parasit yang menginfeksi insang ikan-maka nama penyakit. Setelah parasit telah diperkenalkan ke ikan, itu akan menyerang selaput insang, menyebabkan mereka untuk memaku dan memperoleh lapisan tebal lendir. Lendir ini membuat sulit bagi ikan untuk bernapas, sehingga Anda mungkin melihat gejala seperti ikan terengah-engah di permukaan tangki atau menggosok tubuhnya terhadap objek tangki. Gejala lain dari penyakit ini mungkin termasuk memudar warna dan bekerja bernapas. Pengobatan yang paling umum untuk flukes insang adalah penambahan garam akuarium ke tangki dengan dosis sekitar 1 sdm. per hari disertai dengan sedikit peningkatan dalam suhu tangki.

Kesimpulan

Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya mencegah cichlids jatuh sakit, Anda dapat membekali diri dengan pengetahuan tentang kondisi yang paling mungkin untuk mempengaruhi mereka. Dengan cara itu, ketika ikan Anda sakit, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki situasi. Perlu diingat bahwa ikan Anda berdiri kesempatan terbaik untuk bertahan hidup dan pemulihan ketika Anda mengambil tindakan cepat untuk memberikan pengobatan. Semakin lama ikan Anda tetap stres, yang sakit mereka cenderung menjadi dan semakin sulit akan memperlakukan mereka. Your Best Bet adalah untuk memisahkan ikan ke dalam tangki karantina pada tanda pertama dari penyakit untuk menghindari itu tersebar di seluruh tangki. Pada titik ini Anda kemudian dapat mengamati ikan untuk gejala tambahan dan memberikan perawatan yang tepat untuk membawa ikan Anda kembali ke kesehatan yang optimal.