Kenalilah Gejala Perubahan Perilaku Pada Ikan Dalam Aquarium

Perubahan Perilaku Pada Ikan
Perubahan Perilaku Pada Ikan

Perubahan perilaku yang tak terduga sering merupakan gejala penyakit di akuarium ikan. Pelajari tentang perubahan yang paling umum dan apa yang harus dilakukan tentang mereka.

Jika Anda adalah penggemar akuarium khusus, Anda mungkin menghabiskan beberapa menit setiap hari hanya menonton ikan Anda berenang di sekitar tangki, baik untuk memastikan mereka berada dalam kesehatan yang baik atau hanya untuk menikmati prestasi sebagai hobi akuarium. Semakin akrab Anda dengan penampilan normal dan aktivitas ikan Anda, semakin cepat Anda akan melihat ketika satu atau lebih dari penghuni tangki Anda mulai menampilkan perilaku abnormal.

Perilaku abnormal seperti hilangnya nafsu makan, kesulitan berenang dan menggosok terhadap objek tangki sering gejala penyakit dan mereka tidak boleh diabaikan-segera setelah Anda melihat ikan Anda menampilkan perubahan perilaku sangat penting bahwa Anda mengambil tindakan untuk menentukan penyebab perubahan tersebut. Setelah Anda mengidentifikasi penyebab perilaku abnormal ikan Anda, Anda dapat mengambil langkah yang diperlukan untuk mengobati mereka. Semakin cepat Anda mencari pengobatan untuk ikan Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk membuat pemulihan penuh.

Hilangnya nafsu makan

Hal ini tidak biasa bagi ikan akuarium untuk mengalami perubahan nafsu makan sesekali tetapi jika perubahan yang mulai mempengaruhi kesehatan dan kebugaran ikan Anda, Anda mungkin perlu melangkah masuk Hilangnya nafsu makan umumnya merupakan gejala penyakit di akuarium ikan jadi jika Anda melihat perubahan ini dalam perilaku Anda harus menghabiskan beberapa menit mengamati ikan Anda untuk gejala lain untuk membantu Anda mengidentifikasi penyakit dari mana ikan Anda mungkin menderita. Dalam beberapa kasus, ikan mungkin berhenti makan hanya karena mereka bosan dengan diet mereka-beberapa spesies adalah pemakan terkenal pemilih dan dapat menolak untuk makan jika mereka tidak ditawarkan Diet bervariasi. Ini adalah masalah yang sangat umum di antara ikan akuarium air asin, terutama spesimen liar-tertangkap, karena mereka digunakan untuk makan makanan diet hidup bervariasi secara luas.

Untuk memperbaiki masalah ini, cobalah menawarkan ikan Anda makanan pokok dari serpihan komersial berkualitas tinggi atau makanan pelet dilengkapi beberapa kali seminggu dengan berbagai makanan hidup, beku dan beku-kering makanan. Menambahkan ke berbagai makanan ikan Anda mungkin apa yang mereka butuhkan untuk meningkatkan nafsu makan. Pilihan lain adalah suplemen bawang putih. Meskipun tidak ada banyak bukti konkret untuk mendukung ide ini, ada beberapa dukungan dalam perdagangan akuarium untuk menggunakan suplemen bawang putih sebagai penambah nafsu makan di akuarium ikan. Jika Anda menduga bahwa ikan Anda sehat dan mereka hanya perlu sedikit dorongan untuk mulai makan lagi mencoba menawarkan mereka suplemen bawang putih di samping hidup Anda dan makanan beku.

Kesulitan berenang

Jika ikan Anda mengalami kesulitan berenang, kemungkinan besar karena penyakit atau cedera. Luangkan waktu sejenak untuk mengamati ikan Anda untuk tanda fisik cedera atau penyakit untuk menentukan penyebab perilaku abnormal mereka berenang. Periksa sirip ikan Anda-jika mereka muncul robek atau compang-camping, adalah mungkin bahwa ikan Anda menderita infeksi bakteri atau jamur atau bahwa salah satu ikan lain dalam tangki Anda telah agresif. Melakukan penelitian menggunakan gejala yang Anda perhatikan dalam ikan Anda untuk menentukan penyakit yang mempengaruhi mereka dan apa pengobatan terbaik mungkin.

Jika sirip ikan Anda tampaknya dalam kondisi baik, mencari gejala lain penyakit. Apakah tubuh ikan bengkak? Apakah ikan tampaknya mengalami kesulitan tetap tenggelam? Jika jawaban dari salah satu pertanyaan ini adalah “ya” maka ikan Anda mungkin menderita dari gembur atau infeksi kandung kemih berenang. Dropsy biasanya merupakan gejala penyakit daripada kondisi soliter dan dapat berakibat fatal pada ikan. Sebuah infeksi kandung kemih berenang terkadang dapat diobati dengan mandi garam, meskipun mungkin tergantung seberapa maju infeksi ini. Dalam kebanyakan kasus, meningkatkan kualitas air di tangki Anda akan cukup untuk memecahkan masalah semacam ini. Lakukan perubahan air yang besar untuk meningkatkan kualitas air dan kemudian menjaga perubahan air biasa untuk menjaga kualitas air di tangki Anda tinggi.

Melayang dekat permukaan tank

Beberapa jenis ikan dikenal untuk menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang lain di dekat permukaan tangki sementara yang lain lebih memilih tingkat menengah atau bahkan bagian bawah tangki. Jika, bagaimanapun, ikan Anda mulai menghabiskan jumlah waktu yang abnormal di dekat permukaan tangki Anda mungkin ingin mengambil beberapa menit untuk mempertimbangkan mengapa. Salah satu alasan paling umum ikan mulai melayang di dekat permukaan tangki adalah bahwa mereka sedang mencari oksigen-tingkat oksigen dalam akuarium biasanya tertinggi di dekat permukaan air sehingga jika tingkat oksigen dalam air tangki Anda terlalu rendah , ikan Anda mungkin mulai mencari oksigen dari permukaan. Jika Anda mencurigai hal ini terjadi, cobalah melakukan perubahan air untuk menyegarkan air dalam tangki Anda dan pastikan media penyaring Anda telah berubah dalam tiga minggu terakhir. Menambahkan beberapa tanaman hidup untuk tangki Anda juga akan membantu untuk meningkatkan kandungan oksigen dari air tangki Anda. Pilihan ketiga adalah untuk meningkatkan filtrasi dalam tangki Anda dan untuk memastikan bahwa filter Anda menawarkan filtrasi mekanik dan kimia untuk memastikan bahwa air Anda bersih dan jelas.

Ikan berenang cepat

Ada beberapa alasan mengapa ikan Anda mungkin tiba-tiba mulai berenang cepat di sekitar tangki, tetapi dua kemungkinan alasan yang harus dilakukan dengan kualitas air dan pemuliaan. Ketika kualitas air di tangki Anda turun di bawah tingkat yang dapat diterima, ikan Anda cenderung menjadi stres dan mereka mungkin bereaksi terhadap stres dengan menunjukkan perilaku abnormal seperti berenang cepat atau tak menentu di sekitar tangki. Jika Anda melihat perilaku ini dalam ikan Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan tes air akuarium untuk memastikan parameter air Anda masih sejalan. Jika Anda melihat masalah dengan kimia air Anda, Anda mungkin hanya perlu melakukan perubahan air. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus mengambil langkah tambahan untuk memperbaiki masalah dengan kimia air.

Jika parameter dalam tangki yang baik, Anda dapat melanjutkan untuk mempertimbangkan kemungkinan kedua-pemuliaan. Beberapa spesies ikan, khususnya cyprinids seperti barbs dan loaches, bertelur dalam kelompok-selama proses pemijahan itu tidak biasa bagi laki-laki (s) dari kelompok untuk dilihat mengejar perempuan (s) sekitar tangki. Sementara berenang cepat di sekitar tangki, perempuan biasanya melepaskan beban telur, berserakan mereka di atas substrat, sementara jantan melepaskan sperma, pemupukan telur saat ia lewat. Perhatikan ikan Anda dekat untuk sesaat atau dua untuk menentukan apakah perilaku tidak menentu mereka mungkin karena pemijahan. Jika itu, Anda tidak perlu khawatir tentang-ikan Anda harus kembali normal setelah mereka selesai pemijahan.

Pertempuran di antara tank Mates

Jika Anda berencana untuk menjaga sebuah tangki masyarakat, Anda harus siap untuk mengalami beberapa pertempuran di antara ikan dalam tangki Anda pada satu titik atau yang lain, terutama jika Anda berencana untuk mencampur spesies masyarakat dengan jenis ikan semi-agresif. Beberapa spesies secara alami lebih agresif dan teritorial daripada yang lain dan, jika mereka tidak memiliki ruang yang memadai di dalam tangki atau jika mereka merasa bahwa wilayah yang dirasakan mereka sedang terancam, mereka mungkin memusalkan pasangan tangki mereka. Langkah pertama dalam menangani masalah ini adalah untuk memastikan bahwa tangki Anda cukup besar-jika tangki Anda penuh sesak, ada sedikit yang dapat Anda lakukan selain upgrade ke tangki yang lebih besar atau menghapus beberapa ikan. Trik lain yang mungkin Anda coba adalah menambahkan beberapa tanaman atau dekorasi hidup untuk menyediakan tempat persembunyian dan memecah garis tanda di tangki Anda-ini dapat membantu menempatkan ikan yang agresif dengan mudah. Anda juga harus yakin bahwa Anda tidak menyimpan lebih dari satu pria dari spesies semi-agresif seperti Gouramis di tangki yang sama – bahkan ikan yang biasanya damai mungkin menjadi agresif dan teritorial di hadapan laki-laki saingan. Jika Anda memiliki spesies sekolah di tangki Anda, seperti barbs atau Tetras, pastikan Anda memiliki setidaknya 5 atau 6 dari setiap spesies di sekolah-ini akan membantu untuk mengurangi agresi non spesies-spesifik.

Menata ulang tank Objects

Beberapa ikan hanya membuat kebiasaan menggali sekitar di substrat dan mengatur ulang objek tangki. Jenis ikan tertentu, terutama Loach dan pengumpan bawah lainnya, menyaring makanan mereka dari substrat tangki sehingga mungkin terlihat seperti mereka hanya menggali sekitar ketika mereka benar-benar mencari makanan. Spesies lain, terutama cichlids, memiliki kecenderungan untuk mengatur ulang tangki mereka, mendorong dekorasi sekitar dan mencabut tanaman hidup. Perilaku semacam ini wajar dan seharusnya tidak peduli Anda kecuali menimbulkan bahaya untuk ikan Anda. Jika ikan Anda mulai menunjukkan jenis perilaku ini pastikan untuk menghapus objek dari tangki yang memiliki tepi tajam atau runcing yang bisa melukai ikan Anda. Jika ikan Anda mendadak mengembangkan perilaku semacam ini mungkin merupakan indikasi stres dan Anda harus memeriksa parameter tangki Anda untuk memastikan mereka berada dalam keseimbangan.

Sirip Nipping

Hal ini tidak biasa untuk ikan dalam tangki masyarakat untuk menampilkan sedikit perilaku sirip-nipping tetapi ada kalanya dapat menjadi masalah. Jika salah satu ikan di tangki Anda adalah mengambil beban itu, itu bisa memiliki konsekuensi serius. Sirip-nipping berulang dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada sirip dan dapat juga menyebabkan infeksi sekunder termasuk busuk sirip. Sementara banyak spesies ikan bisa bergaul dengan baik dalam tangki masyarakat, beberapa terutama cenderung sirip-nipping-beberapa spesies ini termasuk Tetras serape, ceri barbs, danios dan cyprinids lainnya.

Jika Anda berencana untuk menjaga spesies sirip-nipping ikan di tangki komunitas Anda, Anda harus menghindari menjaga mereka dengan spesies panjang-bersirip seperti Angelfish dan ikan Cupang karena spesies ini kemungkinan akan ditargetkan. Dalam beberapa kasus, menjaga spesies sirip-nipping Anda di sekolah besar dapat membantu untuk mencegah perilaku sirip-nipping dari yang diarahkan ke ikan lain di dalam tangki. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menyimpan setidaknya 5 atau 6 dari setiap spesies sekolah bersama-sama dalam tangki Anda-itu akan membantu untuk menjaga mereka dari menunjukkan agresi terhadap spesies lain dan akan meminimalkan spesies yang sama agresi juga.

Ikan yang bersembunyi

Beberapa spesies ikan secara alami lebih pemalu daripada yang lain sehingga tidak selalu sesuatu yang perlu dikhawatirkan jika Anda melihat satu atau lebih dari ikan Anda menghabiskan banyak waktu bersembunyi di dalam tangki. Anda harus mempertimbangkan bahwa beberapa ikan yang nokturnal-sementara mereka mungkin tampak bersembunyi di siang hari, mereka sebenarnya bisa cukup aktif pada malam hari setelah Anda ternyata lampu. Jika ikan Anda mendadak mengembangkan kecenderungan untuk bersembunyi, bagaimanapun, itu bisa menjadi indikasi masalah dalam tangki Anda. Mengawasi ikan Anda selama beberapa hari untuk melihat apakah salah satu ikan di dalam tangki Anda pertentangan yang lain-ikan agresif dapat menyebabkan banyak stres bagi pasangan tangki mereka dan dapat menyebabkan mereka untuk mencari perlindungan dalam bentuk tempat persembunyian. Untuk mengatasi masalah ini Anda mungkin perlu untuk menghapus ikan agresif dari tangki Anda atau menginstal pembagi tangki untuk menjaga dari merugikan ikan Anda yang lain.

Lethargic atau tidak ada energi

Jika satu atau lebih ikan Anda yang biasanya aktif dalam tangki menjadi lesu, mungkin tanda bahwa ikan sakit. Anda mungkin melihat ikan menghabiskan lebih banyak waktu di bagian bawah tangki atau lolling terhadap dinding daripada berenang di tengah tangki. Jika Anda melihat perilaku semacam ini (terutama jika itu mempengaruhi beberapa ikan), menguji air tangki Anda untuk melihat apakah itu mungkin menjadi masalah dengan kualitas air. Amonia keracunan, misalnya, dapat menyebabkan ikan akuarium menjadi lesu – sehingga dapat infeksi parasit dan kekurangan gizi. Ketika Anda melakukan tes air, periksa keseimbangan pH Anda serta amonia dan nitrit tingkat. Anda mungkin juga ingin memeriksa suhu tangki Anda karena jika air di tangki Anda menjadi terlalu dingin, ikan Anda mungkin menderita dari suhu rendah. Perlu diketahui bahwa ikan lesu tidak selalu menghabiskan waktu di bagian bawah tangki-mereka bisa mengambang di dekat permukaan tangki atau bersembunyi di antara tanaman hidup juga.

Gerakan Gill cepat

Perubahan lain dalam perilaku yang mungkin Anda lihat dalam akuarium ikan adalah gerakan insang yang cepat. Insang ikan Anda dalam gerak konstan sebagai ikan bernapas, tapi bisa menjadi tanda penyakit jika gerakan insang menjadi jauh lebih cepat dari biasanya. Gerakan insang yang cepat dapat menjadi indikasi umum stres atau mungkin menunjuk ke penyakit tertentu seperti flukes, tungau, atau Ich. Jika insang ikan Anda juga muncul untuk meradang, itu mungkin semacam penyakit dan Anda perlu mengambil tindakan segera sebelum insang menjadi begitu rusak bahwa ikan Anda tidak bisa lagi bernapas. Luangkan waktu sejenak untuk mengamati ikan Anda untuk gejala lain dari penyakit dan melakukan tes akuarium air untuk memeriksa masalah dengan kualitas air. Bahkan jika hasil tes air tampak bagus, melakukan perubahan air tidak pernah menjadi ide yang buruk.

Ketika Anda melihat perubahan dalam perilaku ikan akuarium Anda Anda tidak harus mengabaikannya-semakin lama Anda membiarkan masalah untuk pergi tidak diobati, semakin serius kemungkinan untuk menjadi. Dalam beberapa kasus, perubahan perilaku mungkin hanya menjadi akibat dari stres tetapi Anda tidak ingin mengambil risiko kemungkinan membiarkan penyakit serius pergi tidak diobati. Jika Anda meluangkan waktu untuk mengamati ikan Anda hanya beberapa menit setiap hari Anda akan menjadi akrab dengan kebiasaan dan perilaku mereka sehingga Anda akan lebih mungkin untuk melihat ketika mereka mulai menunjukkan perubahan perilaku.